Kamis, 25 Juni 2015

Penulisan Softskill - Tips Dalam Menghadapi Pesaing Usaha



Tips Dalam Menghadapi Pesaing Usaha
Pesaing Usaha adalah sesuatu yang pasti akan kita hadapi. Dan dalam berwirausaha, yang namanya pesaing memang tidak dapat dihindari. Namun dalam menghadapi situasi seperti ini kerap menimbulkan kecemasan pada usaha yang sedang kita jalani menimbulkan penurunan. Maka dengan itu, kita harus fokus dan memikirkan cara untuk memajukan usaha kita sendiri dan abaikan pesaing.
Namun yang perlu kita ingat dalam sebuah persaingan adalah persaingan bersih atau persaingan secara baik-baik bukan persaingan kotor yang kita gunakan untuk bersaing dengan kompetitor kita.
Berikut ini adalah cara bagaimana kita dapat menghadapi pesaing usaha:
1.      Berikan harga yang bersaing dan masuk akal
Harga merupakan sebuah titik penentu dalam berbisnis. Yang perlu dilakukan adalah memberikan harga sedikit lebih murah namun tetap dalam batas kewajaran sehingga tidak berdampak pada keraguan konsumen untuk memebeli barang yang kita tawarakan, karena sering kali konsumen beranggapan bahwa produk dengan harga jauh lebih murah memiliki kualitas yang lebih jelek. Jadi antara harga dan kualitas tetaplah kita harus menyesuaikan dengan kondisi konsumen di pasaran.
2.      Melakukan Inovasi Produk
Inovasi sangatlah perlu untuk dilakukan, apalagi produk yang kita jual merupakan produk yang sudah tidak asing lagi di pasaran. Produk yang unik dank has akan menjadi sebuah nilai jual bagi produk Anda.
3.      Jangan Terpengaruh Oleh Aktivitas Pesaing
Sering kali kita mengeluh apabila pesaing kita tengah ramai sedangakan usaha kita sepi-sepi saja. Daripada sibuk memikirkan apa yang dilakukan oleh pesiang kita sehigga dagangannya laku, lebih baik kita memikirkan usaha kita, bagaimana caranya agar penjualannya dapat meningkat. Pikirkan setrategi yang dapat menjadi magnet untuk para konsumen datang dan beralih ke tempat usaha kita.
4.      Lakukan pendekatan yang dua arah dengan konsumen
Kesan pertama adalah moment yang sangat menentukan seorang konsumen untuk datang kembali dan kemudian menjadi pelanggan. Buat mereka merasa Anda layani dengan baik. Memberikan service terbaik seperti Senyum, salam , sapa, sopan dan santun. Sehingga apabila sudah terjalin emosi antara kita selaku pengusaha dan konsumen sebagai pelanggan maka usaha kita pun akan terus berjalan dan berumur panjang.



Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar