Tips Dalam Menghadapi Pesaing Usaha
Pesaing Usaha adalah sesuatu yang pasti akan
kita hadapi. Dan dalam berwirausaha, yang namanya pesaing memang tidak dapat
dihindari. Namun dalam menghadapi situasi seperti ini kerap menimbulkan
kecemasan pada usaha yang sedang kita jalani menimbulkan penurunan. Maka dengan
itu, kita harus fokus dan memikirkan cara untuk memajukan usaha kita sendiri dan
abaikan pesaing.
Namun yang perlu kita ingat dalam sebuah
persaingan adalah persaingan bersih atau persaingan secara baik-baik bukan
persaingan kotor yang kita gunakan untuk bersaing dengan kompetitor kita.
Berikut ini adalah cara bagaimana kita dapat
menghadapi pesaing usaha:
1.
Berikan
harga yang bersaing dan masuk akal
Harga merupakan
sebuah titik penentu dalam berbisnis. Yang perlu dilakukan adalah memberikan
harga sedikit lebih murah namun tetap dalam batas kewajaran sehingga tidak
berdampak pada keraguan konsumen untuk memebeli barang yang kita tawarakan,
karena sering kali konsumen beranggapan bahwa produk dengan harga jauh lebih
murah memiliki kualitas yang lebih jelek. Jadi antara harga dan kualitas
tetaplah kita harus menyesuaikan dengan kondisi konsumen di pasaran.
2.
Melakukan
Inovasi Produk
Inovasi sangatlah perlu untuk dilakukan, apalagi produk yang kita jual
merupakan produk yang sudah tidak asing lagi di pasaran. Produk yang unik dank has akan menjadi
sebuah nilai jual bagi produk Anda.
3.
Jangan Terpengaruh
Oleh Aktivitas Pesaing
Sering
kali kita mengeluh apabila pesaing kita tengah ramai sedangakan usaha kita
sepi-sepi saja. Daripada sibuk memikirkan apa yang dilakukan oleh pesiang kita
sehigga dagangannya laku, lebih baik kita memikirkan usaha kita, bagaimana
caranya agar penjualannya dapat meningkat. Pikirkan setrategi yang dapat
menjadi magnet untuk para konsumen datang dan beralih ke tempat usaha kita.
4.
Lakukan pendekatan yang dua arah dengan konsumen
Kesan pertama adalah moment yang sangat menentukan seorang konsumen
untuk datang kembali dan kemudian menjadi pelanggan. Buat mereka merasa Anda
layani dengan baik. Memberikan service terbaik seperti Senyum, salam , sapa,
sopan dan santun. Sehingga apabila sudah terjalin emosi antara kita selaku
pengusaha dan konsumen sebagai pelanggan maka usaha kita pun akan terus
berjalan dan berumur panjang.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar