Penggunaan
E-Toll Card Sebagai Keunggulan Kompetitif
A. Pengertian
E-Toll
e-Toll adalah kartu elektronik
yang digunkan untuk membayar biaya masuk jalan tol di sebagian daerah
Indonesia. Pengguna e-toll hanya perlu menempelkan kartu untuk membayar uang tol
dalam waktu 4 detik, lebih cepat dibandingkan bila membayar secara tunai yang
membutuhkan waktu 7 detik. Penggunaan e-toll juga mengurangi biaya operasional
karena hanya diperlukan biaya untuk mengumpulkan, menyetor, dan memindahkan
uang tunai dari dan ke bank. Selain menjadi langkah awal dalam modernisasi
pengumpulan uang, penggunaan e-toll juga dimaksudkan untuk mengurangi
pelanggaran (moral hazard) karena petugas tol tidak menerima pembayaran
secara langsung. Kartu ini dikeluarkan oleh kerjasama PT Jasa Marga Tbk, PT
Citra Marga Nusaphala Persada Tbk, Bank Mandiri, dan PT Marga Mandala Sakti.
Pada tahap awal (Januari 2009), kartu ini hanya dapat digunakan di tiga jalur
tol yaitu Cawang - Tomang - Cengkareng, Cawang - Tanjung Priok - Pluit, dan
Cikupa - Merak. Rencanakan, kartu ini akan diaplikasikan untuk pembayaran bahan
bakar di pom bensin dan sebagai alat pembayaran di area peristirahatan (rest
area) tol.
B. Manfaat dan kemudahaan
menggunakan e-toll
Melalui katru ini, para
pengguna jalan tol tidak perlu repot membayar dengan uang tunai seperti yang
biasa dilakukan, melainkan menggunakan sistem Touch&Pass dan Hi-Pass.
Dengan sistem Touch
& Pass pemilik kartu hanya perlu menyentuhkan kartunya pada tempat
sensor kartu yang telah disediakan pada setiap gerbang tol. Hasil sensor
tersebut akan secara otomatis langsung memotong nilai debit pada rekening bank e-Toll,
pemilik kartu tidak perlu repot mengeluarkan uang tunai dan menunggu kembalian
pembayaran. Sedangkan Hi-Pass merupakan langkah yang lebih mudah, pengguna jalan tol
tidak perlu repot berhenti untuk membuka jendela atau men-tabkan kartunya.
Karena sistem ini menggunakan alat detektor yang sebelumnya telah dipasang pada
kendaraan, detektor ini akan langsung menunjukkan golongan kendaraan anda
kemudian camera akan merekam nomor kendaraan yang melewatinya. Upaya inisiatif
pemerintah dalam mendorong diberlakukannya e-Toll Card, merupakan suatu wujud
pengenalan teknologi kepada masyarakat luas. Kebijakan tersebut merupakan
solusi awal untuk menyelesaikan persoalan kemacetan yang sering terjadi di
pintu jalan tol, dan bukan menyelesaikan persoalan kemacetan sepenuhnya.
Kesadaran masyarakat untuk menggunakan kartu elektronik dapat membantu
mengurangi waktu transaksi dan menghindari atau mengendalikan kecurangan kasir
dalam pelayanan publik dengan transaksi tunai seperti jalan tol.
1.
Kelebihan Sistem Manual
Dengan
menggunakan sistem manual, sumber tenaga kerja manusia di Indonesia menjadi
terpakai sehingga mampu mengurangi jumlah pengangguran yang kian meningkat
setiap tahunnya. Operator penyedia jasa jalan tol dapat menghemat biaya untuk
pembelian infrastruktur dan teknologi pendukung modern, seperti gardu dengan
portal otomatis sesuai program. Pengelola cukup menempatkan petugas untuk
melayani para pengguna jalan tol, baik ketika membayar maupun memberikan kartu
ketika memasuki ruas jalan tol.
2.
Kekuarangan Sistem Manual
Kesalahan
dalam bertransaksi dapat terjadi karena kesalahan yang disebabkan faktor
manusia (Human Errors), hal ini
akan menyebabkan antrian kendaraan lain yang juga ingin membayar. Antrian ini
akan menyebabkan kemacetan dan kurangnya efisiensi waktu, karena akan
memperlama waktu tempuh dari jalur tol asal menuju jalur tol tujuan.
B. Harga atau Isi Ulang e-toll
Toll Card dapat diisi ulang (top up)
dengan pilihan nominal Rp 50.000, Rp 100.000, Rp 200.000, Rp 300.000, Rp
500.000 atau nominal lainnya sesuai keinginan. Isi ulang dapat dilakukan dengan
kartu mandiri debit di beberapa lokasi berikut :
Tabel Daftar Lokasi Isi Ulang e-Toll
Card
No
|
Lokasi
|
Alamat
|
1.
|
Kantor Pusat Jasa Marga
|
Plaza Tol Taman Mini Indonesia
Indah Jakarta 13650; Kotak POS 4354, Jakarta 12043
|
2.
|
Cabang Cililitan Jasa Marga
|
Plaza Tol Cililitan, Jl. Cililitan
Besar, Jakarta 13510
|
3.
|
Gerbang Tol Cengkareng Jasa Marga
|
Kantor Gerbang Tol Cengkareng
(arah Bandara - Jakarta)
|
4.
|
Gerbang Tol Kapuk Jasa Marga
|
Kantor Gerbang Tol Kapuk
|
5.
|
Gerbang Tol Halim Jasa Marga
|
Kantor Gerbang Tol Halim
|
6.
|
Lobby Gedung CMNP Sunter
|
CMNP Building, Jl. Yos Sudarso Kav
28, Jakarta 14350
|
7.
|
Lobby Kantor MMS Karawaci
|
Karawaci Office Park Blok H No.
66-68 Lippo Karawaci - Tangerang
|
8.
|
Lobby Kantor Cabang MMS Serang
|
Kantor Cabang Tol Serang
|
9.
|
Ground Floor Kantor Pusat Bank
Mandiri
|
Jl. Jend Gatot Subroto Kav 36-38,
Jakarta Selatan 12190
|
10.
|
Kantor Cabang Bank Mandiri
|
Jabodetabek
|
11.
|
Merchant Bank Mandiri
|
Indomaret dan SPBU (mulai 15 Maret
2009)
|
Metode isi ulang dilakukan 2 tahap
yaitu proses pembayaran (pendebetan rekening) dan proses pengisian (memindahkan
uang Anda ke fisik e-Toll Card) .
Sumber: http://www.bankmandiri.co.id/article/mandiri-etoll-card4.asp
Tidak ada komentar:
Posting Komentar