Selasa, 11 November 2014

Softskill (Kesehatan)




Kesehatan – Cara Hidup Sehat







Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Hidup sehat adalah dambaan setiap orang, tetapi bagaimana bisa menjadi sehat jika pola hidupnya saja tidak sehat.
Sebenarnya, pola hidup sehat itu tidaklah susah, namun juga tidak mudah. Akan banyak kendala yang di hadapi. Kendala terbesar yaitu menahan rasa malas dan seringnya menyepelekan pentingnya kesehatan. Maka dari itu dibutuhkan niat yang cukup kuat dari dalam diri.
Untuk itu, disini saya akan berbagi tips cara hidup sehat:
1.      Minum lebih banyak air
Sebagian besar dari kita sangat kurang minum cukup air setiap hari. Air sangat penting bagi tubuh kita. Air diperlukan untuk melaksanakan fungsi tubuh kita, seperti membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh kita. Karena kita akan kehilangan air setiap harinya melalui urin, buang air besar, keringat, dan pernapasan, kita perlu mengisi asupan air kita. Jumlah air yang kita butuhkan tergantung pada berbagai faktor seperti kelembaban, aktivitas fisik, dan berat badan, tetapi umumnya kita perlu 2,7 – 3,7 liter asupan air. Itu berarti kita perlu minum sekitar 2 – 3 liter air, atau sekitar 8-10 gelas.

2.      Perhatikan Waktu Tidur
Untuk anda yang sangat sibuk menjalani aktifitas sehari-hari mungkin terkadang lupa untuk menghargai waktu istirahat. Pola tidur anda berantakan, tidur larut malam kemudian bangun di pagi hari. Padahal kurangnya istirahat dapat mengganggu konsentrasi. Jika sudah begitu usahakan untuk mencuri-curi waktu luang di siang hari, waktu yang tepat mungkin pada saat jam istirahat. Cobalah untuk mengistirahatkan tubuh anda sekitar 20 menit, karena dengan tidur sejenak pikiran akan kembali jernih dan anda akan memiliki konsentrasi yang baik.

3.      Meditasi
Meditasi akan menenangkan pikiran dan jiwa Anda. Sehingga metabolisme tubuh anda dapat berjalan dengan baik.

4.      Olahraga
Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga setiap hari membawa manfaat luar biasa bagi kesehatan, termasuk dapat memperpanjang umur, menurunkan risiko semua penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi dan menurunkan berat badan. Tingkatkan aktivitas dalam hidup Anda. Pilih berjalan untuk jarak yang dekat. Naiki tangga, bukan menggunakan lift.

5.      Jagalah Pola Makan
Makanlah makanan yang bergizi. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan. Kurangi mengkonsumsi makanan yang manis-manis, junk food, minuman bersoda, makanan berkolestrol tinggi. Jangan makan seara berlebihan, karena walaupun yang di makan adalah makanan yang bergizi tapi jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan maka dapat menimbulkan berbagai penyakit.

6.      Cintai diri anda
Dengan mencintai diri sendiri, anda akan sadar untuk melakukan hidup sehat, memilih makanan yang kaya vitamin, dan selalu berolahraga. Mulalilah dari sekarang daripada tidak sama sekali.

7.      Berjalan atau berlari tanpa alas kaki
Ada banyak manfaat positif yang terbukti jika anda berjalan / berlari tanpa alas kaki, seperti memiliki postur tubuh yang lebih baik, lebih sedikit stres pada kaki Anda, mengurangi stres pada sendi Anda, dll.

8.      Menjaga Kebersihan
Kebersihan adalah faktor utama yang menunjang kesehatan, jika kurang memperhatikan kebersihan baik kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan maka akan sangat mudah penyakit bersarang pada tubuh anda. Salah satu cara menjaga kebersihan adalah dengan mencuci tangan. Membersihkan seluruh isi rumah juga sangat penting karena bukan kesehatan anda saja yang harus dijaga, kesehatan seluruh anggota keluarga juga harus dijaga.

http://www.rumahtips.com/20-cara-hidup-sehat-yang-mudah-dan-sederhana.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar